Kamis, 15 November 2012

Tugas Bahasa Indonesia #1

RESENSI NOVEL








-          Judul Kata Hati : Sebutlah Itu Cinta  
-          No. ISBN 9786022200635 
-          Penulis Bernard Batubara 
-          Penerbit Bukune 
-          Tanggal terbit Juli - 2012 
-           Jumlah Halaman 204 
-          Berat Buku - Jenis Cover Soft Cover  Dimensi(L x P) –
-          Kategori Romance 
-          Text Bahasa Indonesia 
-          Lokasi Stok gudang bukukita





Sinopsis

Di Novel Bernard Batubara ini, ada 6 tokoh didalamnya.
Ada Randi, Dera, Fila, Dian, Adrian, Irfan.
Didalam cerita ini, Randi adalah mantan pacar dari Dera. Mereka sudah menjalin hubungan kurang lebih 5Tahun lamanya. Randi sangat menyukai Fotografi, dan Dera? Terkadang menjadi objek dadakannya. Singkat cerita, Dera menyelingkuhi Randi. Dan Randi mengetahi hal tersebut. Akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hubungannya dengan Dera. Disela-sela kesendiriannya, dan pada saat proses “move on” datanglah sosok Fila. Mereka dipertemukan secara tidak sengaja bertemu disebuah kafe didaerah Yogyakarta, yang bernama  Djendelo Koffie. Bagaimana dengan Dian, Adrian, dan Irfan? Dian adalah kakak dari Randi. Irfan adalah teman kuliahnya Dera dan Randi. Sementara Adrian? Adrian adalah lelaki yang pernah dicintai Filla.


"Ini tentang kisah kehilangan,
ketika kau mendapati separuh hatimu kosong dan merapuh
Atas nama ketidakpercayaan,
kita telah saling mengucapkan selamat tinggal.

Ketika tak ada lagi yang bisa kau percaya, ikuti kata hati.
Begitu seharusnya, bukan?

Dan, hati ini membawaku kembali kepadamu.
Tapi, kau tak lagi berada di tempat kita dahulu.
Apakah kau telah menemukan separuh hati lain-- selain hatiku?"


***

     Randi kembali diam. Betapa jauh dalam hatinya ia berharap orang yang membuat Dera bahagia adalah dirinya sendiri. Betapa ia berharap tak pernah ada pengkhianatan hingga perpisahan pun tak perlu terjadi. Betapa ia berharap sayang dan rasa percaya saja sudah cukup. Betapa ia berharap hanya dengan dimasuki oleh satu orang, hati sudah merasa lengkap. Tak perlu dua, tiga, atau empat.

    Namun, cinta tak pernah berjalan mulus. Semakin panjang semakin rumit, semakin sulit pula menjaganya agar tak tumbang dihajar angin kencang, atau jatuh tersandung kerikil.



Penilaian saya terhadap buku ini adalah :

Bagus. Bagus banget ! Saya sangat suka dengan komposisi dari novel ini. Dari alur, setting dan semua penokoh-annya. Ceritanya pun tidak berbelit-belit, mudah dipahami, dan saya rasa banyak dialami oleh anak remaja hehehe.

Saran saya terhadap novel ini hanya sedikit. Seharusnya diakhir cerita, klimaksnya harus lebih “dapet” lagi. Karena saya rasa, klimaks yang sudah dihadirkan dipertengahan cerita diteruskan sampai diakhir. Sayang banget-kan, kalo klimaksnya ngilang begitu aja ;)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar