Rabu, 16 April 2014

Wisata Kuliner Depok


Depok adalah sebuah kota kecil yang berada di selatan Kota Jakarta. Walaupun kecil, Depok memiliki banyak kampus ternama yang membuatnya ramai. Depok juga memiliki banyak tempat makan enak. Sebagian besar tempat makan ini terletak di Jl. Margonda Raya karena jalan tersebut merupakan jalan utama di Kota Depok. Berikut aneka tempat makan yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata kuliner Anda selama berada di daerah Depok:
1. Bakso dan Bakmie
  • Bakso Wignyo adalah tempat makan bakso yang paling tua dan sudah saya kenal sejak kecil. Bakso di sini memang enak dan sedap, es campunya juga segerr. Selain bakso, tempat makan ini juga menjual mie ayam. Lokasi tempat ini ada di dekat lampu merah dari arah Sawangan menuju Jl. Nusantara. Memiliki harga terjangkau, bakso yang satu ini pernah dikunjungi oleh banyak orang terkenal.
  • Bakso kotak di daerah kukusan juga enak. Terletak sekitar 100 meter dari pintu keluar kukusan kelurahan kampus UI Depok. Bakso kotak ini terkenal karena pernah didatangi Pak Bondan Maknyuss.
  • Untuk bakmie, mungkin Bakmie Tugu merupakan yang paling enak seantero Depok. Mie yang digunakan adalah buatan sendiri tanpa bahan pengawet, kaldunya juga sedap. Lokasinya di perempatan tugu Tanah Baru, Beji.
  • Bakmie Oke, tempatnya asri dan nyaman, tapi remang-remang jika malam hari. Lokasinya ada di Jl. Tanah Baru Raya, dekat dari rumah Asmirandah.
2. Tempat Makan Aneka Suku di Indonesia
  • Mang Engking terletak di dalam area UI dekat asrama mahasiswa. Restoran ini mengangkat tema gubukan bambu yang sebagian lesehan. Ikan yang tersaji adalah ikan segar karena diambil langsung dari kolam yang terdapat di tengah restoran. Menu favorit di restoran ini adalah ikan bakar madu.
  • Mang Kabayan merupakan salah satu restoran sunda yang terletak di Jl. Margonda Raya. Di sini anda dapat memilih untuk duduk lesehan atau menggunakan bangku. Restoran ini cukup terkenal dan memajang beberapa testimoni dari artis yang pernah dating ke restoran ini.
  • Betawi Ngumpul merupakan restoran betawi yang berada di Jl. Raya Tanah Baru, tidak jauh dari tugu tanah baru.
  • Daeng Naba Seafood Resto merupakan rumah makan khas Makassar yang menjual coto dan aneka makanan khas Makassar yang lain. Terletak di Jl. Margonda, antara margocity dan lampu merah juanda.
  • Pempek Pak Raden. Pempek sebagai makanan khas daerah Palembang memang sudah sangat terkenal di Indonesia, digemari bukan saja oleh warga Sumatera Selatan, tapi juga warga dari daerah lain. Pempek Pak Raden ini memiliki rasa yang enak dan tempatnya juga nyaman. Untuk keluarga yang membawa balita, disediakan tempat bermain seperti perosotan dan arena panjat dinding. Menu yang tersedia bermacam-macam, tidak hanya pempek, tapi juga tekwan, pindang patin, ayam bakar, roti bakar, dll, dengan harga mulai dari 4 ribu untuk pempek kecil. Tempat makan ini terletak di Jl. Margonda (dekat lampu merah pertigaan Jl. Juanda).
  • Soto ngawi, bagi penggemar soto mungkin makanan di Soto Ngawi ini bisa jadi pilihan. Terletak di Jl. Margonda dekat Universitas Gunadarma.
  • Mie Aceh pidie 2000. Makanan khas Aceh ini terletak di Jl. Margonda, dekat perbatasan Depok-Jakarta.
  • Angkringan. Tempat ini buka setiap malam di sebrang Toko Buku Gramedia. Harga yang ditawarkan sangat murah, khas angkringan.
3. Makanan Korea dan Jepang
  • Trend Kpop di Indonesia sangat terasa dengan munculnya beberapa restoran korea di daerah Depok, seperti Restoran Korea di perpustakaan UI, Restoran Narajong di Foodcourt margocity, atau Restoran daebak di Jl. Margonda (sebrang Pesona Khayangan). Dengan membayar sekitar 50 ribu anda sudah dapat menikmati makanan khas korea seperti bibimbab, kimchi, dan teh hijau korea.
  • Bamboe Dimsum, adalah restoran all you can eat yang terletak di Jl. Margonda (dekat RS Bunda Margonda), dengan membayar sekitar 50 ribu, anda dapat menikmati aneka dimsum dan cemilan sepuasnya. Syaratnya, anda harus menghabiskan semua makanan yang dipesan, jika ada sisa makanan, maka harus membayar lebih.
  • Sushi Miya8i merupakan Restoran Jepang yang terletak di Jalan Margonda, tidak jauh dari Universitas Gunadarma Margonda. Restoran Jepang ini merupakan hasil usaha patungan beberapa artis. Rasanya yang enak dan harganya yang murah menjadikan tempat ini selalu ramai oleh pengunjung.
4. Aneka Bubur
  • Jika anda penggemar bubur, maka anda wajib mengunjungi Jazz Bubur Aceh yang terletak di Jl. Margonda (sebrang universitas Gunadarma). Bubur yang dijual disini antara lain bubur jagung, bubur ketan durian, bubur kacang hijau, bubur jali, dengan harga sekitar 15.000 per porsi. Tempat ini akan tutup pada setiap waktu sholat, jadi sebaiknya anda datang tidak saat adzan berkumandang.
  • Bubur Barito juga bisa menjadi pilihan anda. Terletak di Jl. Margonda (sebrang RS Bunda Margonda), tempat makan ini juga menyajikan Bubur Sukabumi. Restoran ini memiliki harga yang terjangkau dan suasana yang nyaman.
5. Ayam & Lele
  • Ayam bakar mas mono terletak tidak jauh dari Gramedia Margonda. Ayam yang disajikan sangat empuk dan nikmat. Tersedia juga otak-otak hangat yang baru dibakar.
  • Ayam Bakar Christina ada di Jl. Margonda Raya, sebrang Universitas Gunadarma.
  • Lele Lela ada di Jl. Margonda. Selain lele aneka rasa, tempat ini juga menjual ayam bakar dan tumis kangkung.
6. Restoran Warung
  • Warung Pasta, Jl. Margonda Raya (dekat perbatasan antara Depok-Jakarta). Tempat ini menjual aneka macam pasta, mulai dari pasta biasa sampai pasta panggang. Selain pasta, tempat ini juga menawarkan pizza dan aneka cemilan.
  • Waroeng Steak and Shake, Terletak di Jl. Margonda Raya, dekat Lampu Merah / Hotel Bumi Wiyata. Selain menjual steak dengan harga mahasiswa, tempat ini juga menjual nasi dan olahan daging yang lain.
  • SS (Super Sambal), terletak di Jl. Margonda Raya, dekat Hotel Bumi Wiyata. Tempat makan yang satu ini menawarkan menu makanan andalan berupa aneka macam sambal. Ada beberapa macam sambal yang bisa anda pilih sebagai teman makan.
7. Cemilan
  • Surabi Enhay dan Batagor Ihsan terletak dalam komplek yang sama, yaitu Jl. Margonda (depan RS Bunda Margonda). Tidak terlalu berbeda dengan Surabi Enhay Bandung, porsi surabi di sini juga besar dan memiliki aneka pilihan rasa. Harganya yang terjangkau dan tempat yang nyaman menjadikan tempat ini sebagai favorit untuk menghabiskan waktu di Depok.
  • Martabak Bangka Koh Heri terletak di Jl. Arif Rahman Hakim, tidak jauh dari kantor PLN. Toko ini buka setiap hari mulai jam 5 sore sampai malam. Tempat ini menjual martabak manis, martabak telor, dan aneka jajanan kecil lainnya. Martabak yang dijual memang cukup mahal, tapi rasanya benar-benar nikmat.
  • Sup Duren. Bagi anda penikmat durian, maka wajib mengunjungi tempat makan yang ada di Jl. Raya Margonda dekat dengan Terminal Depok. Tempat ini menjual aneka macam minuman dan cemilan berbau durian dengan harga yang sangat terjangkau. Maka tidak heran kalau setiap hari selalu ramai oleh pengunjung.
  • Es Pocong sangat terkenal dikalangan mahasiswa, karena tempatnya strategis dan harga makanannya murah. Terletak tidak jauh dari stasiun UI, tempat makan ini menawarkan makanan dan minuman yang memiliki nama berbau horror.
  • Roti Bakar Eddy yang berada di Jalan Margonda (sebrang Gramedia Depok) memang cabang kesekian dari RB Eddy. Tempat makan yang satu ini memiiki tempat yang nyaman.
  • The Harvest ini cocok untuk anda yang suka cake. Selain membeli kue untuk hadiah ulang tahun atau event tertentu, di tempat ini anda dapat membeli kue dalam potongan kecil yang dijual sekitar 30 ribu atau makan aneka makanan lain.
Jadi, manakah diantara tempat makan di atas yang menjadi favorit kamu selama di Depok? :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar